18.6.16

BELAJAR TENTANG ALGORITMA BAGI PEMULA


BELAJAR TENTANG ALGORITMA BAGI  PEMULA




Sruktur Dasar Algoritma

Sequence/urutan/runtunan
  instruksi dikerjakan dari atas ke bawah secara berurutan
Condition/Decision/selection/branching/keputusan/pemilihan/percabangan/bersyarat
  ada 2 macam:
  1. Bersyarat (if dan case)
  2. Tidak bersyarat (goto)
Looping/repetition/iteration/perulangan
  (for dan while)


   MENYATAKAN ALGORITMA DENGAN KALIMAT
1.Nyatakan nilai r sama dengan 7
2.Hitung s sama dengan r dibagi 2
3.Tampilkan nilai s
 MENYATAKAN ALGORITMA DENGAN STATEMENT PROGRAM

1.Judul Algoritma
2.Deklarasi
  Berisi pendefinisian nama/identifier yang digunakan pada bagian deskripsi
3.  Deskripsi/statement
  Berisi penyelesaian masalah berupa deretan intruksi

Contoh Pendeklarasian
Tidak ada deklarasi
Algoritma  tampilan
begin
  Write(“Algoritma”);
end.
Dengan deklarasi
Algoritma hitung
r : integer
s : real
begin
  r ←7
  s ← r/2
  write (s)
end.
 IDENTIFIER
Identifier adalah nama yang didefinisikan oleh programmer
Identifier dalam program: 
1.Variabel
  Tempat menyimpan nilai yang isinya relative berubah sesuai dengan kondisi terkini
        2.  Konstanta
           Tempat menyimpan nilai yang isinya tetap selama program dijalankan
        3.  Tipe data bentukan
            Jenis data, tipe baru bisa didefinisikan oleh programer
      4.Label
            Bagian program untuk intruksi lompatan
      5.Fungsi/prosedur
            Sub program 

Contoh deklarasi variabel dan konstanta dalam C
#define a 3.14   à deklarasi konstanta
main()
{
    int r;  à deklarasi variabel
    float l;
    scanf ("%d", &r);
    l = r * r * a;
    printf("%f", l);
}

Contoh deklarasi label dalam C
{
int n;
atas:  à deklarasi label
printf("input nim = ");
scanf("%d",&n);
goto atas;  à pemanggilan label
}

Contoh deklarasi tipe bentukan dalam C
{
typedef int bilanganbulat;   à deklarasi tipe baru
bilanganbulat angka à deklarasi variabel
angka = 100;
angka = angka*2;
printf("%d", angka);
}

Contoh deklarasi tipe dan nilai bentukan dalam C
{
typedef enum {false = 0, true = 1} boolean;
boolean logika;
scanf("%d", &logika);
if (logika == 1)
    printf("true");
else if (logika == 0)
    printf("false");
else
    printf("bukan nilai boolean");
}

Contoh penulisan subprogram (fungsi) dalam C 
TIDAK MENGEMBALIKAN NILAI
main ()
{  
    hitung();
}
void hitung()
{
    int a,b=10,c=20;
    a = b + c;
    printf ("10 + 20 = %d\n", a);
}
MENGEMBALIKAN NILAI
 main ()
{
    printf ("10 + 20 = %d\n",    
    hitung());
}
int hitung()
{
    int b=10,c=20;
    return b + c;
}











Tidak ada komentar:

Posting Komentar